Lupa Password

Kemampuan “Coaching” Penting Dimiliki Orangtua dalam Mendidik Generasi Milenial


Kemampuan “Coaching” Penting Dimiliki Orangtua dalam Mendidik Generasi Milenial

Kemampuan Coaching Penting Dimiliki Orangtua dalam Mendidik Generasi Milenial

ESQ Business School Sebagaimana yang kita ketahui, setiap generasi mempunyai pola asuh dan pola didik yang berbeda. Hal ini berlaku pada pola asuh dan pola didik bagi generasi milenial yang ada sekarang ini. Di mana pola asuh dan pola didik orangtua generasi X (generasi yang ada sebelum generasi milenial) cenderung memiliki fokus yang berlebihan serta mempunyai peran yang besar dalam menentukan masa depan anak mereka. Para orangtua di generasi X lebih banyak mengarahkan masa depan bagi anak mereka sesuai dengan apa yang mereka juga jalani. Artinya, anak sedikit sekali diberikan kebebasan untuk menentukan pilihannya sendiri soal masa depannya, tanpa memerhatikan minat atau passion mereka.

Padahal, jika anak dipaksa untuk harus mengikuti keinginan orangtuanya dalam hal minat atau passion, percayalah Sang anak tidak akan bisa maju dan berkembang untuk masa depannya. Ibarat seekor kura-kura yang habitatnya di air lalu kura-kura tersebut dipaksa untuk terbang, maka matilah kura-kura tersebut, hancurlah seluruh potensi terbaik yang dimilikinya karena ia hidup tidak dalam bidangnya.

Coach Arief Rahman yang merupakan ESQ 3.0 Master Coach menjelaskan dalam seminar parenting Effective Parenting for Millennials di ESQ Business School (EBS) bahwa mendidik anak yang sekarang termasuk dalam generasi milenial, sebetulnya mudah jika tahu caranya. Coach Ariefdemikian sapaannya, berkata bahwa antar anak dan orangtua harus ada rasa saling memahami dan saling mengerti satu sama lain, jika anak Anda tengah bercerita pada Anda, maka dengarkan ceritanya, keluh kesahnya, agar terjalin trust (saling percaya) antar anak dan orangtua, sehingga anak akan saling terbuka dengan orangtuanya tidak hanya menceritakan kebahagiaan yang dialami tapi juga menceritakan kesedihan yang dialami. Tutur Coach Arief

Generasi milenial cenderung lebih senang ditanya oleh kedua orangtuanya, karena dengan ditanya artinya dia bisa menentukan keputusannya sendiri. Orangtua pun hendaknya harus paham terhadap anak-anak mereka, kalau di rumah, berikanlah perhatian penuh pada anak, kesampingkan dulu kegiatan yang ada hubungannya dengan kerjaan di kantor atau kegiatan dengan gadgetdan smatphone-nya. Untuk itulah orangtua penting memiliki kemampuan coaching, proses coaching itu sendiri menurut Coach Arief terdiri dari 3 proses, yaitu: Listening (mendengarkan), Feedback (Umpan balik), dan Asking (memberikan pertanyaan)

Penting diperhatikan untuk orangtua, hindari kata-kata close ended, maksudnya adalah pertanyaan yang hanya membutuhkan dua jawaban, seperti: iya dan tidak, sudah dan belum. Karena dengan pertanyaan seperti ini, akan mengurangi kedekatan kepada anak, seperti:

  1. Kamu sudah makan, belum?
  2. Pekerjaan rumahmu, sudah selesai belum?
  3. Kamu sudah belajar belum?
  4. Ujiannya hari ini, bisa tidak?

Dan bertanyalah pertanyaan yang open ended, maksudnya pertanyaan yang diawali dengan kata Apa, sehingga menimbulkan respon kedekatan pada anak, sehingga anak lebih banyak dan bebas dalam bercerita, seperti:

  1. Apa yang membuat kamu memilih jurusan kuliah itu?
  2. Apa jurusan kuliah yang kamu mau ambil?
  3. Apa yang dipelajari di sekolah?
  4. Apa yang sudah dipersiapkan menjelang Ujian Nasional?

***

Setelah sukses menyelenggarakan seminar Effective Parenting for Millennials pada Sabtu, 09 Maret 2019, rencananya dalam waktu dekat,  ESQ Business School juga akan menyelenggarakan seminar parenting seperti ini kembali dengan tema yang dan pembicara yang  berbeda. Bagi Bapak/Ibu yang ingin tahu info lebih lanjut mengenai seminar parenting dan juga ingin ikut bergabung, bisa langsung menghubungi bagian admission ESQ Business School di nomor 085880891797 (Asri)



TENTANG KAMI


Our Work
Missions and History
FAQS
Get In Touch

KONTAK KAMI


Jl. Tb Simatupang, Menara 165 lt 18 & 19, Kav 1, Cilandak, Jakarta Selatan.

021-29406999

admission@esqbs.ac.id

NEWSLETTER


Subscribe to our newsletter and receive the latest offers, discounts and updates


Copyright © 2016 PMB - STIMIK ESQ. All Rights Reserved